Jumat, 18 Juni 2010

Pesisir Garut Selatan

Pantai Puncak Gua

Pantai Puncak Gua

Pantai Puncak Gua terletak di Desa Rancabuaya, Kecamatan Caringin Garut. Seperti halnya pantai-pantai di Selatan Jabar, pantai Puncak Gua memiliki kecuraman yang tinggi dan bergelombang besar. Namun di beberapa tempat pinggiran pantainya dibentuk oleh bebatuan karang yang landai, yang menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil dan penghuni karang lainnya.

Tempat yang berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Rancabuaya ini berada di ketinggian tebing pantai yang sangat curam, seperti halnya tebing Ulu Watu di Bali. Karena ketinggiannya itulah, sejauh mata memandang akan terlihat pemandangan laut dan pantai yang sangat indah.

Bukan hanya itu, di Puncak Guha sejatinya memang menjadi puncak goa yang dihuni ratusan bahkan mungkin ribuan kelelawar. Karena itulah, masyarakat setempat menyebutnya Guha Lalay. Goa itu dari atas terlihat kecil, namun ketika diterawang tampak lengkungan mulut goa yang membesar ke dasarnya. Dari dasar goa itulah, terdengar deburan ombak yang terus menerus berbaur dengan suara kelelawar. Berdasarkan keterangan masyarakat setempat, Guha Lalay memang menembus karang yang memanjang dari dasar pantai ke puncak bukit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar